SILABUS
MATA KULIAH
Program Studi : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Kode Mata Kuliah :
Mata Kuliah :
Bahasa Indonesia
Jumlah sks :
2sks
Semester :
Genap
Mata Kuliah Pra Syarat : -
Deskripsi Mata Kuliah
: Mata kuliah bahasa Indonesia sebagai MKDU menekankan keterampilan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam ranah membaca,
berbicara, menyimak, dan menulis.
Standar kompetensi
: Mahasiswa terampil berbahasa Indonesia sebagai bahasa Negara dan
bahasa Nasional secara baik dan benar untuk menguasai, menerapkan, dan
mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni sebagai perwujudan
kecintaan dan kebanggaan terhadap bahasa Indonesia.
Kompetensi dasar
|
Indikator
|
Pengalaman belajar
|
Materi Ajar
|
Waktu
|
Alat/Bahan/Sumber belajar
|
Penilaian
|
1. Mahasiswa dapat menceritakan secara
singkat sejarah perkembangan bahasa Indonesia dan mahasiswa dapat menjelaskan
secara singkat pengertian bahasa
|
1. Mahasiswa mampu menyebutkan periode singkat sejarah
perkembangan bahasa
2. mahasiswa mampu menulis batasan
mengenai bahasa
3. Mahasiswa mampu memberikan penjelasan
singkat mengenai bahasa
4. Mahasiswa mampu menyebutkan kedudukan
bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.
|
Mahasiswa membaca bahan sejarah
perkembanagan bahasa
Mahasiswa mendengarkan penjelasan
mengenai periode perkembangan bahasa
Mahasiswa mencatat ringkasan.
Mahasiswa mendengarkan penjelasan tentang
pengertian bahasa.
mendengarkan tentang penjelasan sejarah
bahasa
Mahasiswa
mendengarkan penjelasan tentang pengertian bahasa
|
Sejarah bahasa
Indonesia
Batasan bahasa
Hakikat
kedudukan bahasa Indonesia (sikap penutur bahasa)
|
100’
|
Bahan fotokopi
sejarah perkembangan bahasa Indonesia dan pengertian bahasa.
Skema sejarah
bahasa Indonesia.
Halim dan Yayah
(1983).
Marhijanto
(t.t.)
Yamilah (1994).
|
Perilaku harian dan sikap harian
|
2. Mahasiswa dapat menyebutkan salah satu hakikat bahasa
(beserta contoh) dan menyebutkan salah satu fungsi bahasa (beserta contoh)
|
1. Mahasiswa dapat menyebutkan hakikat
bahasa
2. Mahasiswa dapat menyebutkan fungsi
bahasa
3. Mahasiswa
dapat memberikan contoh hakikat bahasa
4. mahasiswa
dapat membeikan contoh fungsi bahasa.
|
Mahasiswa
mengumpulkan
dan salah satu
membacakan hasil tugas rumah mengenai hakikat bahasa
Mahasiswa
mengumpulkan tugas rumah contah penggunaan bahasa (yang sudah diarahkan
sesuai fungsi bahasa oleh dosen) dan salah satu membacakan.
Mahasiswa
mendengarkan penjelasan dosen mengenai hakikat dan fungsi bahasa.
Mahasiswa
mencatat secara ringkas hakikat bahasa dan fungsi bahasa
|
Hakikat bahasa
Fungsi bahasa
Identifikasi
fungsi bahasa
|
100’
|
Bahan fotokopi
Tugas yang dikumpulkan mahasiswa
Chaer (1994)
Hidayat (2006)
|
Perilaku harian
Wawancara
|
3. Mahasiswa dapat mengidentifikasi
bahasa Indonesia ragam ilmu
|
1. Mahasiswa mampu menyebutkan ragam
bahasa
2. Mahasiswa mampu menunjukkan contoh
masing-masing ragam bahasa
3. Mahasiswa mampu menjodohkan ragam
bahasa dengan kelompok orang yang menggunakan ragam tersebut.
|
Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen
tentang ragam bahasa
Mahasiswa mencatat kelompok manusia yang
mempergunakan ragam bahasa.
|
Batasan ragam bahasa
Ragam bahasa ilmiah
Ragam bahasa bisnis
Ragam
bahasa sastra
Ragam
Bahasa filosof
Ragam bahasa jurnalistik
|
100’
|
Utami (2001)
Widhowati, dkk. (1992)
Prayitno, dkk. (2000)
Ramblan, dkk (1992).
|
Perilaku harian
wawancara
|
4. Mahasiswa dapat mengidentifikasikan
bahasa Indonesia yang baik dan benar
|
1. Mahasiswa mampu menulis dengan
mempergunakan huruf sesuai ejaan.
2. Mahasiswa mampu menulis dengan
mempergunakan tanda baca sesuai dengan ejaan.
3. Mahasiswa mampu menulis dengan
mempergunakan istilah sesuai dengan ejaan.
|
Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen.
Mahasiswa menulis karya dengan menerapkan
huruf dan tanda baca sesuai ejaan yang sudah dijelaskan.
Mahasiswa menuliskan istilah
|
Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dan
Pedoman Umum Pembentukan Istilah
|
100’
|
Widhowati, dkk. (1990)
EYD (2008)
Prayitno, dkk. (2000)
Ramlan, dkk. (1992)
Kridalaksana (2006)
Pedoman Transliterasi Arab-Indonesia.
|
Wawancara
Perilaku Harian
|
5. Mahasiswa dapat menulis kalimat
efektif
|
1. Mahasiswa mampu membuat kalimat
berstruktur SPO
2, Mahasiswa mampu mengoreksi kesalahan
struktur kalimat yang dibuat/dikutip dari bacaan/wawancara
3. Mahasiswa dapat mengedit kalimat yang
telah dibuat oleh teman.
4. Mahasiswa dapat membuat paraphrase
hasil wawancara/wacana
|
Mahasiswa
mendengarkan penjelasan dosen tentang kalimat efektif
Mahasiswa
mendengarkan penjelasan tentang struktur kalimat
Mahasiswa
membuat kalimat sendiri.
Mahasiswa
mengoreksi kalimat yang telah dibuat.
Mahasiswa
Mengoreksi
kalimat yang dikutip dari bahan bacaan/wawancara
Mahasiswa
mengoreksi kalimat yang dibuat oleh teman
Mahasiswa
membuat paraphrase untuk hasil wawancara/wacana
|
Batasan kalimat
Struktur
kalimat
Pengertian
kalimat efektif
|
100’
|
Kalimat hasil
kutipan mahasiswa
Kalimat hasil
tulisan mahasiswa
Badudu
Razak (1994)
Prayitno dkk.
(2000)
Keraf (1988)
Natawidjaja (1996)
|
Perilaku harian
wawancara
|
6. Mahasiswa dapat menulis paragraf
dengan pola pikir yang jelas.
|
1. Mahasiswa mampu membuat paragraf berpola pikir induktif
2. Mahasiswa mampu membuat paragraf
berpola pikir deduktif.
3. Mahasiswa mengetahui pola pikir dalam
paragraf
|
Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen
Mahasiswa membuat paragraf berpola pikir
induktif
Mahasiswa membuat paragraf berpola pikir
Mahasiswa
membuat paragraf berdasarkan kalimat yang ada.
|
Pengertian
Paragraf
Pola pikir
pagraf
Pengembangan
paragraf
|
100’
|
Parera, (1987).
Badan Penerbit
Undip (1994)
Prayitno, dkk. (2000)
|
Perilaku harian
|
7. Mahasiswa dapat menyusun karya ilmiah
untuk berbagai kepentingan sesuai dengan ragam ilmu
--PKM, LKTM, proposal, dan laporan
penelitian.
|
1. Mahasiswa mampu mengindentifikasi
format karya ilmiah –PKM, LTKM, proposal, PKMI, artikel publikasi, dan
laporan penelitian
2. Mahasiswa
mampu menyusun salah satu karya ilmiah
3. Mahasiswa mampu proposal penelitian
|
Mahasiswa membaca berbagai pedoman
penulisan karya ilmiah bidang ilmu yang ditekuni
Mahasiswa mendengarkan penjelasan dosen.
Mahasiswa mendiskusikan hasil pembacaan
pedoman penulisan karya ilmiah
Mahasiswa menuliskan secara ringkas
tentang pedoman berbagai penulisan ragam ilmu
|
Ragam
Bahasa II Pedoman PKM.
Pedoman
LKTM
Pedoman
PKMI
Pedoman
laporan penelitian
Pedoman
artikel publikasi
Pedoman proposal penelitian
|
|
Bahan fotokopi
pedoman PKM dari Dikti.
Pedoman skripsi
fakultas di UMS
Prayitno, dkk. (2000)
Pedoman LTKM
Pedoman PKMI
|
Wawancara
Perilaku harian
|
8. Mahasiswa dapat menulis sebuah karya
ilmiah (untuk PKMP atau PKMI atau
seminar dan diskusi)
|
1. Mahasiswa mampu menulis topik artikel
ilmiah berdasarkan penelitian yang dimiliki atau laporan tugas praktik di
laboratorium.
2. Mahasiswa mampu menulis rumusan
masalah dari topic yang sudah ditulis.
3. Mahasiswa
mampu menulis bagian pendahuluan karya ilmiah
4. Mahasiswa
mampu menulis bagian pembasan atau isi karangan
5. Mahasiswa
mampu menulis daftar pustaka
6. Mahasiswa
mampu menulis kutipan langsung dan tidak langsung dalam karya ilmiah.
|
Mahasiswa mendengarkan
penjelasan dosen
Mahasiswa
melakukan konsultasi
Mahasiswa
menulis topic karya ilmiah dan didiskusikan dengan dosen.
Mahasiswa
menulis bagian rumusan masalah.
Mahasiswa
menulis bagian pendahuluan karya ilmiah
Mahasiswa
menulis karya ilmiah bagian pembahasan atau isi karangan
Mahasiswa
menulis sebuah daftar pustaka
Mahasiswa
menulis kutipan langsung dan kutipan tidak langsung.
|
Penulisan Karya tulis ilmiah
|
4 x 100’
|
Sudjana dan Ulung (2001).
Barnum (2000)
Prayitno, dkk. (2000).
Keraf
Badan Penerbit
Undip (1994)
Djuroto dan
Bambang, (2002)
Indriati, (2001)
Hartono. (2002)
Yamilah dan
Slamet (1994.)
Parera (1987)
|
Perilaku harian
Wawancara |
9. Mahasiswa dapat menyebutkan dan
menyajikan jenis ragam lisan ilmiah
|
1. Mahasiswa
mampu menyebutkan ragam lisan ilmiah
2. Mahasiswa
mampu membuat sajian lisan berbentuk power
point
3. Mahasiswa
mampu menjawab pertanyaan ketika presentasi
|
Mahasiswa
mendengarkan penjelasan dosen.
Mahasiswa
menyajikan secara lisan karya ilmiah
Mahasiswa membuat presentasi dengan power
point
|
Ragam lisan ilmiah (seminar, workshop,
dsb.)
Presentasi
hasil karya tulis ilmiah
|
100’
|
Karya presentasi karya ilmiah program
power point.
Karya imliah hasil mahasiswa
Proposal PKM
Artikel PKMI
|
Perilaku harian.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar